Breaking News
Loading...

Kendala bisnis ternak bebek


Beberapa hari ini saya menyempatkan waktu untuk mengunjungi para peternak bebek yang berada di Kabupaten Pandeglang, salah satunya adalah Peternak bebek di Ds Sukamanah yaitu Pak Asep, lokasi rumah beliau berada tidak jauh dari wisata air panas cisolong. pak asep merupakan kepala kelompok ternak bebek di desa sukamanah, beliau memiliki 10 anggota yang sudah hampir tidak produktif, tersisa hanya berkisar 3 anggota yang tetap beternak dengan jumlah yang relatif kecil antara >50 ekor. dari permasalahan tersebut kami tertarik menggali lebih jauh mengetahui kendala yang sering terjadi dalam budidaya bebek di Kabupaten Pandeglang, kami disambut baik ditempat beliau dan di suguhkan kopi yang berada di "amben/saung" di depan rumah beliau, lingkungan rumah sekitar tidak terlalu ramai penduduk,berada di samping eks rel kereta api PT KAI yang sudah tidak digunakan lagi. kandang bebek di buat di atas kolam ikan yang diharapkanya kotoran bebek dapat dimanfaatkan sebagai pakan ikan dan mengurangi aroma bau yang biasanya menjadi salah satu kendala terhadap lingkungan.
Di amben yang luasnya tidak lebih dari 3x3 meter, kami berbincang-bincang tentang berbagai hal tentang seluk beluk usaha yang di geluti oleh beliau, Awal beliau memulai usaha bebek dengan bermodalkan 50 Dod yang dibeli dari kenalannya yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di dunia budidaya bebek, Setelah Hampir lebih dari 2 Tahun sejak memulainya budidaya ini, beliau merasakan banyaknya kesulitan dalam hal pemasaran hasil ternak, hal ini dikarenakan belum terintegrasinya jaringan bisnis bebek seperti ternak ayam broiler,adapun Kendala yang lajimnya ditemui dalam budidaya ternak bebek kami identifikasi sbb:

  1. Supplay Pakan yang murah dan berkualitas
  2. Manajemen kandang yang cenderung asal-asalan
  3. Tidak adanya jaminan pemasaran hasil ternak
  4. Tidak adanya kepastian harga jual
  5. Para tengkulak yang membeli hasil ternak dengan harga rendah
Hal-hal diatas tidak akan terjadi jika adanya Komunitas dan jaringan yang kuat agar menjadi wadah berbagai informasi antar peternak.
untuk itu kami menyarankan bagi para pelaku bisnis yang berkaitan  dengan dunia bebek agar bersatu guna menciptakan jaringan kuat yang dapat menjawab setiap masalah atau sekedar tukar pikiran bagi para pelaku bisnis ini.hal itu sangat penting sekali dalam dunia bisnis, karena tanpa jaringan mustahil suatu bisnis dapat berjalan dengan baik.
Untuk itu kami membuka diri bagi siapa saja para pelaku bisnis ini yang ingin sekedar tukar pikiran dan bersilaturahmi dengan para pelaku lainya,silahkan anda kirim data base anda melalui email kami dan untuk selanjutnya kita mengadakan kopi darat untuk sekedar bersilaturahmi dan semoga menjadi awal mula terbentuknya KOMUNITAS PELAKU USAHA BEBEK BANTEN.
itu semua karena keprihatinan kami kepada para peternak yang mengalami hal serupa dan kecemburuan kami kepada peternak ayam yang telah memiliki jaringan kuat dan terintegrasi.
di artikel berikutnya kami akan mengupas solusi tentang permasalahan diatas.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama
 
Toggle Footer