Breaking News
Loading...

Pakan Organik adalah

Sebelum membahas tentang pakan organik, perlu diketahui terlebih dahulu arti dari kata organik itu sendiri, Bahan organik merupakan bahan-bahan yang dapat diperbaharui, didaur ulang, dirombak oleh bakteri-bakteri tanah menjadi unsur yang dapat digunakan oleh tanaman tanpa mencemari tanah dan air.
Bahan organik tanah merupakan penimbunan dari sisa-sisa tanaman dan binatang yang sebagian telah mengalami pelapukan dan pembentukan kembali. Bahan organik demikian berada dalam pelapukan aktif dan menjadi mangsa serangan jasad mikro. Sebagai akibatnya bahan tersebut berubah terus dan tidak mantap sehingga harus selalu diperbaharui melalui penambahan sisa-sisa tanaman atau binatang.

Bahan organik: mencakup semua bahan yang berasal dari jaringan tanaman dan hewan, baik yang hidup maupun yang telah mati, pada berbagai tahapan (stage) dekomposisi (Millar, 1955)

dan pakan sendiri adalah  makanan/asupan yang diberikan kepada hewan ternak (peliharaan). Istilah ini diadopsi dari bahasa jawa, Pakan merupakan sumber energi dan materi bagi pertumbuhan dan dan kehidupan makhluk hidup . Zat yang terpenting dalam pakan adalah protein . Pakan berkualitas adalah pakan yang kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitaminnya seimbang.

Dengan demikian Pakan Organik dapat diartikan Makanan/Asupan kepada hewan yang memiliki nutrisi seimbang yang dapat diperoleh dari tumbuhan atau pun hewan yang diproses tanpa adanya campuran bahan kimia,diolah secara alami dan baik dipergunakan untuk pakan hewan.

masing-masing mempunyai definisi berbeda tentang organik akan tetapi kita semua sepakat bahwa organik itu merupakan bahan dan proses secara alamiah.
 
Toggle Footer